NAMA :
NI MADE CHYNTHIA LARASATI S.L
KELAS : 3EA14
NPM :14210949
PRILAKU KONSUMEN
· Model proses pengambilan keputusan
konsumen
Model-model
pengambilan keputusan telah dikembangkan oleh beberapa ahli untuk memahami
bagaimana seorang konsumen mengambil keputusan pembelian. Model-model
pengambilan keputusan kontemporer ini menekankan kepada aktor yang berperan
pada pengambilan keputusan yaitu konsumen, serta lebih mempertimbangkan aspek
psikologi dan sosial individu.
Secara
umum ada tiga cara/model analisis pengambilan keputusan konsumen, yakni:
1.
Economic
Models, pengambilan
keputusan diambil berdasarkan alas an ekonomis dan bersifat lebih rasional.
2.
Psychological
models, diambil
lebih banyak akrena lasan psikoligs dan sejumlah faktos sosilogis seperti
pengaruh keluarga dan budaya
3.
Consumer
behaviour models. Model
yang umumnya diambil kebanyakan
4.
konsumen,
Dilandasi oleh faktos ekonimis rasional dan psikologis.
·
Tipe-tipe
proses pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan langkah-langkah model ini menggambarkan
adalah sebagai berikut:
1.
Mengidentifikasi masalah yang ada
2.
Daftar alternatif yang mungkin untuk memecahkan masalah
3.
Pilih yang paling menguntungkan dari
alternatif tersebut.
4.
Menerapkan alternatif yang dipilih.
5.
Mengumpulkan umpan balik untuk
mengetahui apakah alternatif diterapkan adalah memecahkan masalah
diidentifikasi.
Contoh
kasus
suatu organisasi/perusahaan diberikan kepercayaan untuk menjalankan suatu
project di luar kota. Dan diputuskan project berjalan selama satu bulan. Dan
ternyata saat project sedang berjalan di tengah-tengah proses, terjadi
permasalahan kekurangan personil untuk mengatasi project tersebut dan
dikhawatirkan project tidak akan selesai pada tenggat waktu yang telah
ditentukan dan waktunya semakin mepet, maka untuk memperlancar project tersebut
pimpinan dapat memutuskan untuk menambahkan personilnya untuk memperlancar
project tersebut walaupun akan ada pengeluaran tambahan untuk pengiriman
personil tersebut bagi organisasi tersebut
Contoh di atas adalah salah satu contoh dimana pimpinan dapat saja
mengambil keputusan tanpa didiskusikan terlebih darhulu karena alasan
kepentingan yang mendesak, apabila menggunakan perkiraan ahli, kewenangan
setelah diskusi, ataupun kesepakatan maka akan memerlukan banyak waktu untuk
membuat keputusan.
· Faktor-faktor yang mmpengaruhi
pemecahan masalah
Pemecahan
masalah memerlukan mengamati dan menyelesaikan kesenjangan antara situasi
sekarang dan tujuan yang diinginkan dengan mengatasi hambatan yang dikenal atau
tidak dikenal yang menghambat tujuan. Kemampuan untuk memecahkan masalah
namun tergantung pada banyak faktor. Baca
terus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan pemecahan
masalah.
http://tazmaniabenz.wordpress.com/2010/05/24/proses-pengambilan-keputusan-konsumen/