Rabu, 10 Oktober 2012

PRILAKU KONSUMEN



NAMA           :  NI MADE CHYNTHIA LARASATI S.L
KELAS          : 3EA14
NPM              :14210949

PRILAKU KONSUMEN
·       Model proses pengambilan keputusan konsumen
Model-model pengambilan keputusan telah dikembangkan oleh beberapa ahli untuk memahami bagaimana seorang konsumen mengambil keputusan pembelian. Model-model pengambilan keputusan kontemporer ini menekankan kepada aktor yang berperan pada pengambilan keputusan yaitu konsumen, serta lebih mempertimbangkan aspek psikologi dan sosial individu.
Secara umum ada tiga cara/model analisis pengambilan keputusan konsumen, yakni:
1.     Economic Models, pengambilan keputusan diambil berdasarkan alas an ekonomis dan bersifat lebih rasional.
2.     Psychological models, diambil lebih banyak akrena lasan psikoligs dan sejumlah faktos sosilogis seperti pengaruh keluarga dan budaya
3.     Consumer behaviour models. Model yang umumnya diambil kebanyakan
4.     konsumen, Dilandasi oleh faktos ekonimis rasional dan  psikologis.


·       Tipe-tipe proses pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan langkah-langkah model ini menggambarkan adalah sebagai berikut:

1.     Mengidentifikasi masalah yang ada
2.      Daftar alternatif yang mungkin untuk memecahkan masalah
3.     Pilih yang paling menguntungkan dari alternatif tersebut.
4.     Menerapkan alternatif yang dipilih.
5.     Mengumpulkan umpan balik untuk mengetahui apakah alternatif diterapkan adalah memecahkan masalah diidentifikasi.

Contoh kasus

suatu organisasi/perusahaan diberikan kepercayaan untuk menjalankan suatu project di luar kota. Dan diputuskan project berjalan selama satu bulan. Dan ternyata saat project sedang berjalan di tengah-tengah proses, terjadi permasalahan kekurangan personil untuk mengatasi project tersebut dan dikhawatirkan project tidak akan selesai pada tenggat waktu yang telah ditentukan dan waktunya semakin mepet, maka untuk memperlancar project tersebut pimpinan dapat memutuskan untuk menambahkan personilnya untuk memperlancar project tersebut walaupun akan ada pengeluaran tambahan untuk pengiriman personil tersebut bagi organisasi tersebut  Contoh di atas adalah salah satu contoh dimana pimpinan dapat saja mengambil keputusan tanpa didiskusikan terlebih darhulu karena alasan kepentingan yang mendesak, apabila menggunakan perkiraan ahli, kewenangan setelah diskusi, ataupun kesepakatan maka akan memerlukan banyak waktu untuk membuat keputusan.

·       Faktor-faktor yang mmpengaruhi pemecahan masalah

Pemecahan masalah memerlukan mengamati dan menyelesaikan kesenjangan antara situasi sekarang dan tujuan yang diinginkan dengan mengatasi hambatan yang dikenal atau tidak dikenal yang menghambat tujuan. Kemampuan untuk memecahkan masalah namun tergantung pada banyak faktor. Baca terus untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan pemecahan masalah.

http://tazmaniabenz.wordpress.com/2010/05/24/proses-pengambilan-keputusan-konsumen/